FDA Menyetujui Tes Diagnostik Pertama yang Dapat Membedakan Jenis HIV

US Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui pertama kalinya tes diagnostik yang membedakan antara jenis HIV.

HIV Pressure.

Bio-Rad BioPlex 2200 HIV Ag-Ab assay membedakan antara antibodi HIV-1, antibodi HIV-2, dan antigen p24 HIV-1 pada spesimen serum atau plasma manusia. Hal ini dimaksudkan untuk digunakan dengan BioPlex 2200 System, yang dijelaskan oleh FDA pada tahun 2004.

HIV-1 adalah jenis yang paling sering ditemukan di seluruh dunia sedangkan HIV-2 biasanya ditemukan di Afrika Barat tetapi juga telah diidentifikasi di Amerika Serikat. Kedua virus tersebut serupa, namun berbeda. Membedakan jenis HIV penting bagi perawatan pasien karena perkembangannya memiliki tingkat yang berbeda, menurut Karen Midthun, direktur FDA.

Tes diagnostik baru ini memungkinkan hasil deteksi antigen dan antibodi bisa dilaporkan secara terpisah. Karena antigen dan antibodi HIV muncul dan terdeteksi pada tahap infeksi yang berbeda, pelaporan hasil secara terpisah membantu membedakan apakah infeksi HIV tersebut akut atau menetap.

Bio-Rad BioPlex 2200 HIV Ag-Ab assay dapat digunakan pada orang dewasa, anak-anak usia 2 tahun atau lebih, dan wanita hamil. Hal ini juga dapat digunakan untuk skrining organ donor untuk HIV-1 atau HIV-2 ketika spesimen darah dikumpulkan pada saat jantung donor tersebutĀ  masih berdetak. Namun, uji ini tidak disetujui apabila digunakan dalam skrining darah atau donor plasma, kecuali dalam situasi yang mendesak.

Sumber :

Tinggalkan komentar