ASAL MULA HIV

Menurut para ilmuwan, asal mula setengah dari garis keturunan HIV-1 atau Human Immunodefiency Virus berasal dari simpanse di Kamerun. Diduga hal ini bisa terjadi karena seringnya terjadi perburuan liar sehingga virus ini dapat menginfeksi manusia. Kasus pertama dapat ditelusuri hingga tahun 1930. Nama virus yang diduga berhasil melompati barrier  spesies antara simpanse dan manusia adalah SIVcpz atau Simian Immunodefiency Virus.

“Baik simpanse dan gorila merupakan tempat bagi virus yang mampu melintasi penghalang terhadap spesies manusia dan menyebabkan wabah penyakit besar” kata ahli virus Martine Peeters dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Montpellier di Perancis.

Sebuah lembaga bernama PRECISE mengumpulkan kotoran-kotoran simpanse dan gorila dari berbagai daerah seperti Afrika Tengah, Kamerun, Gabon, Kongo dan juga Uganda untuk kemudian diteliti. Setelah dilakukan uji coba laboratorium terhadap SIV yang ada dalam kotoran, data-data hasil pengujian dikirimkan ke Universitas Nottingham. Setelah dilakukan analisa oleh Universitas Nottingham, diketahui bahwa antara SIV dari sampel dan HIV memiliki hubungan genetik yang sangat dekat.

Hal yang masih membingungkan adalah bahwa SIVcpz ini pada simpanse tidak menimbulkan sindrom penurunan kekebalan tubuh (seperti AIDS), padahal manusia yang terinfeksi HIV akan mengalami sindrom penurunan kekebalan tubuh berupa AIDS. Para peneliti akan terus mencari dan memahami apa yang sebenarnya mendasari perbedaan genetik dari SIVcpz dan HIV.

sumber :

  • PENGENALAN DAN PENCEGAHAN AIDS oleh Fazidah A. Siregar
  • http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2006/05/printable/060526_hivorigin.shtml
  • http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150304104829-199-36566/asal-usul-virus-hiv-mulai-terungkap/

Tinggalkan komentar